Dialog Sederhana: Perbedaan Sunnah dan Hadis dan Dampaknya dalam Penetapan Hukum

(Source: Pinterest)

Oleh : Afriadi Ramadhan

Lala                  : “Duh, andai aku lahir lima tahun lebih cepat, pasti aku jadi lebih berani untuk bilang suka duluan ke Ustad Ahmad.”

Tari                         : “Haha, kamu serius?”

Lala                 : “Aku belum pernah seserius ini, Ri. Aku rasa Ustad Ahmad itu diciptain emang untuk aku. Buktinya dia sendiri yang datangin ke pesantren buat ngajarin Ilmu Hadis di kelas.”

Tari                     : “Masyaallah, temanku ini udah gila, haha.”

Lala             : “Yeee ngejek! Aku bilang ini dalam keadaan sadar, saking sadarnya aku bahkan enggak berharap banyak. Umurku ketinggalan jauh.”

Tari                    : “Kalau kalian sebaya, emang kamu yakin dia bakalan suka balik ke kamu?! Aku sih, ragu ya, hahaha”

Lala                       : “Diem!”

Tari                     : “Bercanda. Doain aja, sapatau bisa terkabul, kan. Ustad Ahmad juga masih muda banget. Baru lulus kuliah dan belum menikah. Masih ada harapan kok, La. Tapi Cuma setipis tisu, haha.”

Lala                        : “Ngomong lagi, aku cekek kamu, ya!”

Tari                         : “Waduh, ampun!”

Lala                        : “Lagian Ustad Ahmad ke mana, sih. Udah jam delapan pas, tapi dia belum nongol juga.”

Tari                           : “Nah, itu dia! Pas-pas banget timing datengnya.”

Ust. Ahmad             : Assalamuaikum semuanya!”

Murid sekelas        : Wa alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.”

Ust. Ahmad             : “Masyaallah, hari ini ruangan kelas bersih banget, ya.”

Tari                            : “Iya, Ustad. Tadi pagi, Lala yang piket.”

Lala                  : “Eehhh..,” (Lala refleks menabok Tari karena kaget sekaligus malu dicampur salting).

Ust. Ahmad             : Barakallah fiik, Lala. Semoga bersih-bersihnya berpahala, ya.”

***

Ust. Ahmad          : “Oke, Lala, kalau gitu sekalian bantu saya sebutkan definisi hadis, seperti yang kita pelajari minggu lalu.”

Lala                     : “Aku ingat kok, Ustad. Hadis itu semua yang disandarkan ke Nabi Muhammad saw, baik berupa kata-kata beliau, perkataan, termasuk sikap diamnya yang menunjukkan persetujuan. Hadis juga mencakup sifat-sifat fisik dan akhlaknya Nabi Muhammad saw.”

Ust. Ahmad             : “Wits, keren! Ahsanti, Lala.”

Ust. Ahmad             : “Sekarang gantian, coba Tari, sebutin definisi Sunnah!”

Tari                           : “Hemm, sama aja, Ustad, seperti yang dijelasin sama Lala tadi.”

Ust. Ahmad            : “Oh enggak! Sunnah sama hadis itu beda.”

Tari                        : “Hah?! Kok bisa, Tad?! Aku ingat jelas kok, Ustad sendiri yang bilang minggu lalu, waktu aku nanya bedanya sunnah dengan hadis apa, Ustad bilang sama aja, cuman beda katanya doang. Ini buktinya ada di catatanku!”

Ust. Ahmad            : “Iya, Tari.  Tapi itu minggu lalu, sekarang udah beda.”

Tari                          “Lah, kapan berubahnya?!”

Ust. Ahmad           : “Haha, minggu lalu itu, saya jawab kalau sunah dan hadis itu sama, supaya lebih gampang dipahami aja. Karena kemarin itu tujuan pembelajarannya hanya supaya kalian bisa ngerti dan punya gambaran umum tentang hadis. Cuma itu.”

                        “Kalau saya langsung ngejelasin semuanya, nanti kalian jadi bingung dan malah enggak ngerti sama sekali. Pelan-pelan, ya, kita pelajari satu-satu. Pertanyaan kamu minggu lalu itu adalah topik yang mau kita pelajari hari ini. Jadi, apa perbedaan sunnah dan hadis?”

Tari                       : “Yaa enggak tahu, Tad, kan belum dijelasin.”

Ust. Ahmad        : “Haha, kalau gitu coba tebak, mana yang duluan, sunnah dulu atau hadis dulu?”

Kelas hening

Ust. Ahmad        : “Ayo, Tari, mana yang duluan?”

Tari                       : “Sunnah duluan, ya, Tad?”

Ust. Ahmad        : “Wah bener!”

Tari                       : “Yes! Alhamdulillah tebakanku pas!”

Ust. Ahmad        : “Nah, sekarang udah ada yang bisa jelasin bedanya sunnah sama hadis?”

Lala                     : “Saya, Tad! Sunnah itu ada duluan, sedangkan hadis nanti belakangan. Bener, kan, Tad?”

Ust. Ahmad        : “Hem, enggak salah sih. Ada yang punya jawaban lain?”

Seisi kelas hanya diam, Tari menggelengkan kepala.

Ust. Ahmad     : “Oke, sekarang saya spill bedanya sunnah sama hadis. Ingat ya, sunnah itu merujuk ke jalan hidup atau kebiasaan Nabi Muhammad saw yang mencakup ajaran praktis beliau, baik ucapan (qauli), perbuatan (fi’li), maupun persetujuan (taqriri)…”

Lala                      : “Loh! Itu kan sama aja dengan hadis!”

Ust. Ahmad     : “Sabar dulu, Lala. Belum selesai. Tahu enggak, sunnah itu lebih umum daripada hadis.

Tari                       : “Maksudnya, Tad?”

Ust. Ahmad      : “Gini, hadis itu merupakan catatan atau laporan tentang perkataan, perbuatan, dan persetujuan Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh para perawi. Contoh, sabda Nabi, “Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya.”

Tari            : “Berarti, hadis ini wujudnya adalah sebuah catatan, berbentuk dokumentasi. Sedangkan sunnah, adalah kenyataan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw?”

Ust. Ahmad         : “Kira-kira seperti itu, Tari.”

Tari                   : “Bisa enggak, Tad, kalau kita bilang hadis itu sebuah catatan tentang perbuatan Nabi, sedangkan sunnah adalah perbuatan itu sendiri. Jadi hadis ini yang mencatat sunnah.”

Ust. Ahmad           : “Ya, bener. Tapi ingat ya, tidak semua sunnah itu terekam sama hadis. Masih ada sunnah-sunnah yang tidak kita temukan catatannya dalam hadis.”

Tari                           : “Hah, gimana, Tad? Masih bingung nih.”

Ust. Ahmad             : “Kalau kamu, Lala, bingung juga?”

Lala                           : “Hehe, Ustad tahu aja.”

Ust. Ahmad             : “Bagian mana yang kamu enggak ngerti, Lala?”

Lala                           : “Hem, semuanya.”

Ust. Ahmad      : “Baik, pelan-pelan ya, sunnah itu konsep hidup Nabi yang lebih luas dan mencakup amal praktik. Sedangkan hadis itu sumber tekstual yang mencatat sunnah. Sekali lagi, sunnah itu konsep hidup dan hadis itu catatan yang berbentuk teks. Gimana udah ngerti dikit belum?”

Lala                           : “Belum, hehe.”

Ust. Ahmad            : “Oke, kalau gitu kita mundur dikit, ya, ke pertanyaan mana yang duluan antara sunnah atau hadis. Sunnah itu adalah teladan yang dilakukan Nabi dalam kehidupan sehari-hari. Berarti, sunnah ini sudah ada sejak zaman Nabi.”

                         “Beda dengan hadis, istilah hadis baru dikenal luas sekitar dua ratus tahun kemudian, itu ketika para ulama mulai mengumpulkan hadis-hadis dan menulisnya dalam kitab. Ulama terkenal yang melakukan ini seperti Imam Malik dan Imam Bukhari. Jadi, bisa dibilang istilah hadis itu belum ada di zaman Nabi dan sahabat, munculnya nanti ketika orang-orang udah mulai sibuk mengumpulkan catatan tentang amalan Nabi.”

                          “Ilustrasinya seperti ini: Dulu, ketika Nabi mengajarkan tata cara shalat, para sahabat melihat dan mempelajarinya secara langsung. Nah, ini yang disebut sunnah, para sahabat belajar salat menggunakan sunnah, bukan hadis.”

                “Nanti, bertahun-tahun kemudian, ketika Nabi telah wafat, orang Islam bisa menggunakan hadis untuk membuktikan bahwa salat itu adalah ajaran Nabi. Misal ketika ada orang yang bertanya, apa dalil melaksanakan salat? Nah, pertanyaan ini bisa kita jawab dengan hadis, ‘Salatlah kalian sebagaimana kalian melihatku salat’. Gimana, penjelasan saya udah nyampe belum?”

Tari                         : “Oh pantes, biasanya kalau kita belajar Usul Fikih, yang jadi dalil terkuat setelah Al-Quran itu sunnah. Kayaknya enggak pernah, sih, aku nemu kitab Usul Fikih yang pake kata ‘hadis’.”

Lala                      : “Bener, aku juga enggak pernah nemu yang pake kata hadis. Sebaliknya, kalau kita lagi hafalan, kata yang selalu dipake  itu hadis. Enggak pernah tuh kita nanya ke orang bilang, ‘hafalan sunnah kamu udah berapa’, yang ada, ‘hafalan hadis kamu sudah berapa’.”

Ust. Ahmad         : “Nah! Atau Bahasa kerennya, sunnah itu sebagai sumber utama hukum Islam, dan hadis itu bukti tertulis sunnah.”

Ust. Ahmad            : “Sekali lagi deh, biar lebih mudah paham, kita coba pakai analogi. Bayangin ada seorang koki yang mengajarkan cara memasak Lontong Sayur ke ibu-ibu kompleks perumahan. Selama kelas berlangsung, ibu-ibu sering kali takjub dan terperangah melihat cara sang koki memasak. Dia sangat lihai dan memiliki teknik-teknik khusus yang terlihat keren.”

                                 “Kemudian, karena merasa ilmu sang koki ini sangat berharga, para ibu mencatat semua yang dia lihat dan pelajari untuk membuat Lontong Sayur. Bahannya, bumbunya, teknik mengiris lontongnya, ukuran potongan kentangnya, pokoknya semuanya. Mereka mencatat supaya bisa dilihat lagi kalau lupa atau untuk membagikan resep sang koki ke orang lain.”

                         “Nah, ibaratnya, sunnah itu adalah cara sang koki ketika memasak. Sedangkan catatan ibu-ibu yang tadi itu yang disebut hadis.”

Pak Satpam             : “Permisi, Ustad Ahmad, ini saya buatin teh manis. Saya izin masuk, ya”

Ust. Ahmad             : “Ya Allah, Pak Ali, terima kasih banyak. Tumben bapak yang bikin, Bu Farida ke mana?”

Pak Satpam          : “Hari ini dia izin datang telat, katanya mau ikut kelas memasak bareng Chef Juna di kompleksnya.”

Ust. Ahmad              : “Loh, kok?”

Pak Satpam              : “Loh kok, kenapa Ustad?”

Ust. Ahmad              : “Haha, enggak apa-apa, Pak, terima kasih banyak, ya, tehnya.”

Pak Satpam             : “Iya, sama-sama.”

Lala                           : “Hahaha, bisa pas gitu ya, Tad, kebetulan banget.”

Ust. Ahmad            : “Iya, saya juga kaget.”

Tari                      : “Aku mau nanya, Tad! Kalau hadis itu baru ada ratusan tahun setelah zaman Nabi, terus bagaimana caranya ulama-ulama sebelum itu memahami sunnah? Emangnya bisa mempelajari sunnah tanpa perantara hadis?”

Ust. Ahmad       : “Bisa, Tari, tapi yang bisa cuma golongan tertentu saja. Misalnya seperti penduduk kota Madinah. Kamu tahu Madinah, kan?”

Tari               : “Tahu. Madinah itu, kan, kota tempat tinggal Nabi. Di sana beliau banyak mengajarkan syariat, tentang ibadah dan muamalat.”

Ust. Ahmad            : “Yap! Madinah itu kotanya Nabi Muhammad saw. Dulu, ada imam besar yang tinggal di situ, namanya Imam Malik. Nah, Imam Malik ini menjadikan amalan penduduk Madinah sebagai sumber hukum utama. Bahkan lebih kuat daripada hadis.”

Tari                             : “Kok, bisa gitu? Kan jelas-jelas hadis lebih kuat karena ada sanadnya.”

Ust. Ahmad            : “Yang perlu diketahui, Imam Malik hidup tidak terlalu jauh setelah zaman Nabi, tepatnya di zaman tabi’ tabi’in. Nah, di kota Madinah, para tabi’ tabi’in ini mengikuti ayah mereka (tabi’in) ketika beribadah. Dan ayah mereka (tabi’in) itu belajar dari para sahabat. Dan para sahabat belajar langsung dari...?”

Tari                          : “Nabi Muhammad saw.”

Ust. Ahmad      : “Betul! Karena hubungan yang sangat dekat dan erat ini, Imam Malik menganggap amal penduduk Madinah contoh paling cocok untuk menjalankan sunnah Nabi. Alasannya, ya, karena itu tadi, mereka hidup dalam lingkungan yang langsung dipandu oleh Nabi dan para sahabat. Karena mereka belajar dari sumber yang kuat dan otentik dari Nabi saw, makanya amal penduduk Madinah itu adalah bukti hidup dari sunnah Nabi. Kalau hadis, kan, bukti tertulis. Kalau amalan mereka itu bukti hidup. Kira-kira kayak gitu.”

Lala                        : “Lagi dong, Tad, kasih contoh yang lain!”

Ust. Ahmad        : “Hem, contoh lain yang termasuk sunnah itu adalah sirah nabawiyah. Para ulama, ketika berijtihad dan tidak menemukan dalil dari hadis, maka mereka bisa kembali ke sirah sebagai gambaran hidup Nabi secara umum. Tentang bagaimana Nabi yang penuh kasih sayang, bagaimana beliau menjadi pemimpin, menjadi panglima perang, menjadi suami, teman, pedagang, dan semacamnya. Dengan mempelajari sirah, kita bisa ngerti pola kehidupan Nabi seperti apa, sehingga kita bisa mengeluarkan hukum yang sesuai dengan itu.”

 Tari                 : “Terus, apa dong contoh hukum yang terambil cuma dari sunnah tanpa melalui hadis?

Ust. Ahmad      : “Kita ambil yang lebih sederhana dulu, jangan hukum. Misalnya bagaimana caranya salat. Memang ada banyak hadis yang menjelaskan tentang salat, tapi inti dan tata caranya sudah dipraktikkan dan diwariskan secara langsung oleh Nabi. Dan tidak semua detailnya tercatat dalam hadis tertentu.”

                            “Para sahabat itu melakukan salat berdasarkan pengajaran langsung dari Nabi, yang mereka lihat dan mereka tiru. Praktik ini yang ditiru dan akan diteruskan secara turun-temurun hingga menjadi bagian dari sunnah yang diketahui secara umum, bahkan tanpa harus merujuk pada hadis tertentu lagi.”

                          “Lagian, memangnya kamu waktu kecil belajar salat dari hadis? Atau cuma mengikuti cara salatnya bapak ibu di rumah?”

Tari                     : “Iya juga, sih. Kalau gitu, ada enggak contoh amal ahli Madinah yang bertentangan dengan hadis?”

Ust. Ahmad       : “Secara sekilas ada, seperti hukum meniup pada wudu. Ada hadis yang bilang kalau Nabi pernah meniupkan udara pada tangan beliau setelah wudu untuk mendinginkan tubuh atau menghilangkan rasa panas.”

                                “Hadis ini ada di riwayat Imam Abu Dawud. Nah, kalau kita cuma melihat hadis ini, bisa jadi kita mengeluarkan hukum bahwa meniup tangan setelah wudu itu adalah sunnah dan dianjurkan untuk dilakukan juga oleh orang Muslim.”

                           “Di sisi lain, penduduk Madinah tidak pernah mempraktikkan itu. Mereka berpegang kalau wudu itu, dilakukan tanpa tambahan apa pun selain prosedur dasar. Imam Malik menganggap praktik penduduk Madinah ini lebih mengarah pada kesesuaian dengan sunnah praktis dan tidak menambah ritual yang tidak disarankan.”

Lala                         : “Aku mau nanya, boleh enggak, Tad?”

Ust. Ahmad           : “Ya, boleh. Kan, kamu udah tanya-tanya dari tadi. Kenapa, Lala?”

Lala                         : “Ustad mau enggak, nanti ngajarin anak aku salat?”

Tari                         : “HEHHH!!!”



Editor: Sofiah Najihah S.

Comments